PEMERINTAH KABUPATEN BERAU

Badan Pendapatan Daerah

Jalan APT. Pranoto No. 5, Karang Ambun, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Bupati Resmikan Rumah Tenun Tumbit Melayu

Siaran Pers    1 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    87 Kali

Sumber Foto: -

Bupati Muharram meresmikan rumah tenun yang dibangun di Kampung Tumbit Melayu, Selasa (3/4). Pembangunan ini merupakan realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Berau Coal.

Peresmian ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-46, dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15, serta Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-5 Provinsi Kaltim.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Muharram. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan pembuatan kain tenun yang dilakukan oleh para perajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau. Tidak hanya itu, Bupati Muharram juga melihat hasil perlombaan yang dilaksanakan TP PKK Kecamatan Sambaliung yang juga dihadiri seluruh peserta HKG PKK.

Usai peresmian, Bupati Muharram menyampaikan apresiasinya terhadap TP PKK serta Dekranasda Berau yang bisa menyediakan fasilitas bagi masyarakat dalam menyalurkan keahliannya. Hal ini juga tak lepas dari kerja sama perusahaan yang ada untuk membantu pembangunan dan pemenuhan fasilitas tersebut. Tentu dengan adanya rumah tenun ini bakal mengembangkan kemampuan masyarakat dan menghasilkan karya dan produk lebih baik lagi.

Rumah tenun ini juga diharapkan bisa memberikan dorongan dan motivasi kepada masyarakat agar lebih giat dan meningkatkan karya yang akan dihasilkan khususnya yang memiliki bakat di bidang tenun.

“Tenun ini merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan ke depan. Apalagi daerah kita menjadi tujuan wisata di Kaltim bahkan Indonesia. Tentu banyak wisatawan asing yang berkunjung,” ujar bupati.

“Mereka lebih senang hasil karya seperti kain tenun yang dibuat secara tradisional dari bahan alami. Kain tenun ini bisa menjadi cenderamata dari Berau, apalagi motifnya beragam,” sambungnya.

Bupati juga mengharapkan dukungan dari Dekranasda bisa lebih maksimal. Dengan mengandeng seluruh Dekranasda yang ada khususnya di Kaltim dalam membantu pemasaran produk kain tenun Berau.

“Kalau sekadar memenuhi kebutuhan lokal saja, saya yakin bisa dilakukan. Apalagi dengan adanya bantuan pemasaran tentu akan lebih mengembangkan produk lokal,” katanya.

Ketua Dekranasda Berau, Sri Juniarsih Muharram mengatakan akan mengembangkan pembinaan melalui rumah tenun ini. Dimana, pengkaderan terhadap generasi muda akan dilakukan guna mendukung rumah tenun yang baru dibangun.

“Harus ada regenerasi dari anak-anak muda. Kalau pemasaran sekarang sudah sangat banyak bahkan mereka kewalahan memenuhi permintaan pasar. Kita akan memberikan dukungan penuh,” jelas bupati.


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kabupaten Berau
Badan Pendapatan Daerah

Jalan APT. Pranoto No. 5, Karang Ambun, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Telp: 0554-2022140   Fax: 0554-2022140
Email: bapenda@beraukab.go.id
Website: https://bapenda.beraukab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini7 pengunjung
Minggu Ini124 pengunjung
Bulan Ini544 pengunjung
Total Pengunjung3.479 pengunjung
Total Klik22.737 Kali