PEMERINTAH KABUPATEN BERAU

Badan Pendapatan Daerah

Jalan APT. Pranoto No. 5, Karang Ambun, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

Webmail    Kontak Kami    E-Panel

Jumpa Tim Bapenda

Berita Daerah    1 minggu yang lalu   
Administrator    26 Kali

Sumber Foto: berau.prokal.co

PROKAL.COBANYAK situasi yang terjadi di luar skenario. Harus diakui, memang seperti itulah dalam perjalanan hidup. Bertemu dengan seseorang, ataupun banyak orang tanpa perjanjian sebelumnya, bisa juga terjadi.

Ada kafe baru beroperasi di Jalan Mangga II, Tanjung Redeb. Saya tidak mengenal pemiliknya. Saya dapat informasi, bahwa pemilik kafe tersebut, anak dari Ibu Giok yang mengelola Warung Kopi Hoky langganan tetap saya di Jalan Niaga.

Minggu lalu, saat saya menikmati Sarabba di Jalan Pemuda, tertarik dengan kotak yang bertuliskan pajak restoran dengan huruf besar. Kotak itu disimpan di satu tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung yang datang. Saya juga jadi tertarik.

Saya ingatkan kepada Pak Ilyas, pemilik warung sarabba, agar mematuhi apa yang disampaikan teman-teman Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Sebab, itu upaya kerja keras untuk mengumpulkan partisipasi dan juga menjadi kewajiban semua konsumen. Muaranya untuk kepentingan pembangunan daerah.

Sebagai bentuk partisipasi saya dalam ikut memasyarakatkan pajak restoran, sayapun mengabadikan sambil memegang kotak tersebut. Lalu, saya upload ke instagram saya. Banyak juga teman-teman yang memberikan tanda jempol, artinya tertarik dengan terobosan yang saya anggap sangat sederhana dan paling mudah dilaksanakan.

Saya membayangkan, betapa kerja kerasnya teman-teman Bapenda dalam upaya menghimpun dana masyarakat, sekaligus menyampaikan pesan-pesan pembangunan. Sebab, di Tanjung Redeb saja, jumlahnya ratusan. Dan, butuh waktu untuk menemui setiap pemilik warung dan restoran yang menjadi target pajak. Saya yakin, semua bisa ditangani. Tim Bapenda sangat solid. Usia muda dengan semangat yang luar biasa.

Selasa malam (7/5), saya janjian dengan beberapa teman, untuk bertemu sambil menikmati minuman panas di kafe baru di Jalan Mangga II itu, usai salat Tarawih.  Namanya Cafe and Bake Shop. Asyik juga kafe ini. Lokasinya di tepi jalan. Ruangan yang sejuk. Lapangan parkirnya luas. Berbagai menu minuman, juga roti yang diproduksi sendiri. Bertambah lagi, bake shop yang ada di Tanjung Redeb. Hehe, hebat kan.

Kalau saya ajak teman-teman jumpa, sekadar ngobrol bebas. Makanya, ketika kami ngumpul di Cafe And Bake Shop, tidak memilih tempat duduk di dalam. Sebab, kami pasti ribut dengan tawa lepas. Suara kami pasti volumenya tinggi, saat berbincang pada hal-hal yang menarik. Di dalam ruangan yang terang, semua meja terisi. Ada juga teman-teman dari Polres yang menikmati kopi hangat.

Karena suasana Ramadan, kafe yang usianya masih belasan hari itu, hingga jam 23.00 Wita, belum tutup. Ada tim Bapenda datang, yang dipimpin Pak Jupi. Pak Jupi itu, jabatannya sebagai Kabid Pendaftaran dan Penetapan Bapenda. Saya menyebutnya Pak Jupi, padahal nama aslinyua Djupiansyah. Saya sudah mengenal lama. Orangnya enjoy. Tim Bapenda, bertemu pemilik kafe menyampaikan pesan pembangunan, dan apa yang menjadi hak juga kewajiban pemilik restoran.

Saat saya memesan minuman di kasir, saya juga melihat kotak pajak restoran, sama dengan yang ada di warung Sarabba, milik Pak Ilyas. Dari dua tempat itu saja, sebagai contoh, bahwa Bapenda sudah mendistribusikan kotak yang sama ke semua rumah makan dan restoran.

Saya dengan tim Bapenda pun jadi ramai saling melepas tawa. Dalam hati, saya memberi apresiasi kerja tim Bapenda tersebut. Mereka harus bekerja malam hari, usai salat tarawih. Tentu ini atas arahan kerja sama tim Bapenda yang dipimpin Bu Maulidiyah. Pemilik kafe pun memberikan respons yang baik sebagai bukti mendukung apa yang dilakukan Bapenda.

Diskusi lepas kamipun menjadi lebih kaya materi. Bahwa, meluangkan waktu bertemu tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar. Tak pernah menyangka bahwa akan jumpa dengan teman-teman Polres, tak menduga bertemu dengan para pengunjung Cafe and Bake Shop. Juga tak pernah menduga, akan bertemu Tim Bapenda. Sebuah silaturahmi yang luar biasa manfaatnya. Selamat menunaikan ibadah puasa. (*/udi)


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kabupaten Berau
Badan Pendapatan Daerah

Jalan APT. Pranoto No. 5, Karang Ambun, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Telp: 0554-2022140   Fax: 0541-731351
Email: bapenda@beraukab.go.id
Website: https://bapenda.beraukab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini24 pengunjung
Minggu Ini174 pengunjung
Bulan Ini774 pengunjung
Total Pengunjung1.002 pengunjung
Total Klik7.100 Kali